Pencarian
Kalender



LIST ARTIKEL / SKRIPSI (SI) LIST ARTIKEL / THESIS (S2)

  • Artikel /Thesis /S2 >>>

 

Artikel / Thesis ( S2)

Judul :

Analiysis E Learning Education Fors Students Achivment Of North Sulawesi

Nama pemilik :

Alfonsko Robert Tunitutus

NIM :
02138899999

Deskripsi :
Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi yang semakin pesat, kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme belajar mengajar berbasis TI menjadi tidak terelakan lagi. Konsep yang di kenal dengan sebutan e-Learning ini membawa pengaruh terjadinya proses tranformasi pendidikan kovensional ke bentuk digital, baik secara isi maupun sistemnya. E-Learning merupakan sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung pengembangan kegiatan belajar mengajar dengan medial elektronika. E-Learning dapat mempermudah mempermudah interaksi antara peserta didik dengan bahan materi, peserta didik dengan pengajar, maupun antara sesama peserta didik. E-Learning dapat membuat peserta didik saling berbagi infomasi dan mengakses bahan-bahan pelajaran setiap saat dan berulangulang, dengan tampilan yang cukup menyenangkan bagi para peserta didik, dengan kondisi yang demikianlah peserta didik dapat lebih memantapkan penguasaanya terhadap materi pelajaran. Sebagai salah satu pelajaran, matematika merupakan pokok penting dalam ilmu pengetahuan, dimana hampir di setiap bidang selalu digunakan perhitungan matematika baik perhitungan secara kompleks maupun perhitungan dasar. Selain itu juga kebutuhan akan pelajaran matematika sangatlah penting, selain di pergunakan dalam ilmu pengetahuan, matematika dipergunakan di setiap bagian 2 dari kehidupan kita, contoh sederhana penggunaan matematika dalam kehidupan adalah dalam bidang jual beli, pelajaran matematika yang dipergunakan seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan seterusnya. Itu merupakan sedikti dari contoh sederhana dalam penggunaan matematika dalam bidang kehidupan, dan masih banyak lagi contoh-contoh lainnya. Oleh sebab itu pelajaran matematika merupakan pelajaran yang pokok dan penting untuk diajarkan, tetapi minat akan matematika sangatlah kecil atau jarang sekali masyarakat menyukai matematika. Di Indonesia sendiri matematika mendapatkan perhatian yang cukup baik, dengan sering dikirimnya kontingen matematika Indonesia ke kejuaraan olimpiade sains, dengan hasil yang cukup memuaskan. Tapi itu tidaklah cukup untuk membuat matematika menjadi pelajaran yang di minati, untuk menumbuhkan minat terhadap matematika harus dilakukan sedini mungkin, dan yang paling tepat dalam menumbuhkan minat matematika dilakukan sejak masa Sekolah Dasar, karena Sekolah Dasar merupakan tahapan dari perkembangan anak kedepannya, dimana daya pikir dan pola pikirnya masih berkembang pesat, dan juga jika minat matematika sudah ditumbuhkan di masa Sekolah Dasar maka minat tersebut akan terbawa sampai dewasa kelak juga akan menjadi lebih besar dan bertambah pada jenjang pendidikan nantinya. Tapi masalah yang muncul adalah ini para peserta didik masih beranggapan bahwa matematika merupakan pelajaran yang susah dan tidak menyenangkan untuk di pelajari. Hal tersebut di karenakan metode pembelajaran matematika selama ini kurang meransang daya belajar dari kebanyakan peserta didik, dimana peserta didik selalu dihadapkan pada rumus-rumus yang cukup rumit. Untuk mengatasi 3 hal tersebut maka di perlukan suatu konsep pembelajaran yang dapat merangsang daya belajar peserta didik terhadap matematika. Dimana faktor kebiasaan para peserta didik di Sekolah Dasar pun perlu diperhatikan, mengingat pada masa Sekolah Dasar anak-anak masih asik-asiknya bermain. Untuk itulah suatu konsep atau metode pembelajaran yang inovatif dan interaktif pun perlu dikembangkan agar dapat menumbuhkan minat terhadap pelajaran matematika, ini bisa dilakukan dengan sedikit mudah turut menyertakan Teknologi Informasi di dalamnya, ini membuat pelajaran akan lebih interaktif dimana terdapat suara-suara dan gambargambar yang dapat menyenangkan peserta didik. Untuk itulah maka perlunya dilakukan sebuah penelitian atau perlunya menentukan tempat studi kasus, dan penelitian atau studi kasus dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Angkasa IV karena Sekolah Dasar tersebut dirasa bisa mewakili siswa-siswa atau anak-anak lainnya, dan juga dikarenakan Sekolah Dasar Negri Angkasa IV mempunyai program sekolah untuk lebih menitikberatkan pembelajaran pada pelajaran matematika, selain hal tersebut di Sekolah Dasar Negeri Angkasa IV sudah diterapkan pelajaran komputer dari kelas 1 sampai kelas 6 maka dari itu E-Learning tersebut cocok dijalankan di Sekolah Dasar Negeri Angkasa IV. Berdasarkan bahasan tersebut maka topik yang diambil untuk skripsi ini adalah Pembuatan Aplikasi E-Learning Berbasis Web Untuk Pelajaran Matematika Sekolah Dasar.

Dosen Pembimbing :
Prof.Arthur Tumimbang, Dr, Sity Rukmana, Alfian Rumbayan ,SKOM

Data File Download:
Anda harus login sebagai anggota untuk mengakses file ini